18 January 2016

Setahun Terakhir Menjadi Mahasiswa (Part 2)

Untuk bagian kedua kali ini akan mengcover semua peristiwa yang terjadi antara bulan Maret-Mei. Tiga bulan ini adalah waktu yang saya gunakan untuk menggarap TA terutama di bagian penulisan.

Maret

Idealnya dalam seminggu minimal melakukan sekali konsultasi dengan dosen pembimbing. Tetapi pada bulan ini saya hanya 3 kali saja konsultasi (seminggu sisanya saya gunakan untuk penggarapan Bab 2). Konsultasi pertama, proposal saya disetujui dan bisa langsung ke penggarapan Bab 1. Dosen pembimbing juga sudah mulai memberi saran atau ide tentang perancangan saya kedepannya, karena proyek seperti ini baru pertama kali dilakukan di prodiku.

Kesasar di Salaman! Liburan singkat di bulan Maret, lumayan untuk refreshing.

April 2015

Alhamdulillah selepas bulan Maret, progress TA-ku adalah penggarapan Bab 3. Sekali lagi saya memakai waktu ekstra untuk menggarap di rumah selama seminggu, baru kemudian di konsultasikan lagi ke dosen. Tetapi justru dua minggu di bulan April saya terkapar karena sakit. Entah karena terlalu lama berkomputer ria, mengerjakan tulisan penelitian puluhan lembar, akhirnya saya drop. Tepat setelah Manchester United mengalahkan Manchester City 4-2. Akhirnya baru pada minggu terakhir bulan April saya bisa ke kampus lagi. Tetapi sekali lagi! Pada hari saya ke kampus, justru sedang diadakan acara pelepasan salah satu dosen senior dan itu berlangsung hingga dua hari kedepan (pas akhir pekan). Nasib-nasib, akhirnya bulan ini, tepat 4 minggu, tidak saya gunakan untuk berkonsultasi dengan dosen.

Mei 2015

Karena bulan April yang tidak begitu sukses diatas, sempat terpikirkan untuk nambah satu semester lagi untuk penggarapan TA-ku. Proses transisi dari Bab 3 ke Bab 4 terasa begitu lama membuat saya hampir menyerah. Tetapi setelah mendapatkan ijin untuk berkarya pada pertengahan bulan Mei dan berbagai pertimbangan waktu plus biaya jika saya molor, semangat saya kembali lagi. Break seminggu setelah masuk ke Bab 4 saya gunakan untuk berkarya. Hasilnya luar biasa, hampir 3 hari proses sketsa desain, plus 2 jam untuk revisi, akhirnya progress karya utama saya sudah mencapai 70%/. Amazing! Akhir bulan Mei, core karya saya sudah hampir selesai, tinggal didiskusikan dengan dosen pembimbing untuk penyempurnaan dan penggarapan karya pendukung lainnya.

Nambah sedikit tentang bulan Juni 2015...

Dua minggu pertama di bulan Juni 100% saya gunakan untuk menggarap karya. Mulai dari poster, desain buku, merchandise, dan huruf jenis display. 16 Juni 2015 akhirnya saya diijinkan untuk maju sidang (ujian TA). Target lulus tepat waktu (4 tahun) akhirnya terpenuhi!

On Progress


**********

Strategi : Pada akhir bulan Januari saya menggunakan uang beasiswa untuk membeli sebuah printer seharga 600rb. Saya anggap sebagai investasi. Printer tersebut khusus saya gunakan untuk menyambut Tugas Akhir di semester 8 ini. Dan ternyata sangat berguna! Konsultasi plus revisi membutuhkan banyak sekali materi cetak. Tidak kebayang jika sedikit-sedikit harus ngeprint di rental, mahal!

Luck : Tidak semua band mempunyai akses informasi yang mendetail tentang karya atau banyak hal tentangnya. Tetapi tidak untuk Architects dan album LF//LT. Saya merasakan betul nikmatnya kemudahan dalam mendapatkan informasi. Baik tentang inspirasi yang saya angkat tersebut, atau hal-hal baru lainnya yang muncul dalam proses penggarapan proyek ini. Terimakasih.