18 January 2016

Setahun Terakhir Menjadi Mahasiswa (Part 1)

Sebenarnya saya sudah lulus dari kuliah saya pada awal bulan Juli 2015 kemarin. Tetapi baru sempat sekarang untuk menuliskan cerita-cerita khususnya tentang setahun terakhir menjadi mahasiswa. Ada banyak peristiwa dan pengalaman menarik yang sepertinya sayang untuk dilupakan begitu saja. Banyak fase dalam setahun tersebut akan saya pisahkan ke dalam berbagai bagian. Oke langsung saja!

Semester 7 (September 2014)
Di semester ini benar-benar dimulai perjuangan kita sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mendambakan kelulusan. Total hanya ada 4 mata kuliah wajib (dan saya mengambil 5) untuk setahun ke depan. Dua diantaranya adalah Kerja Profesi (magang) dan Tugas Akhir (skripsi) yang tidak memerlukan banyak waktu di kampus.

"Magangers"

September-Oktober 2014 masih saya gunakan untuk mencari tempat magang sembari kuliah yang sangat monoton (dua hari, hanya satu kuliah per hari, dalam satu minggu). Terimakasih untuk teman yang mengajak magang bareng (total berlima) di sebuah studio desain di Jogjakarta. Durasi magang waktu itu hanya 7 minggu saja (tepat selesai sebelum Natal).

Magang dan kuliah berlangsung bersamaan, plus proyek pameran DKV5 sebagai tugas UAS di bulan Januari. Libur akhir tahun waktu itu benar-benar digunakan untuk liburan, padahal beban DKV5 masih belum dikerjakan. Dan seperti biasa, seminggu sebelum pameran barulah semua pekerjaan dikebut. Alhamdulillah hari Senin (19/1/2015) semua urusan di semester 7 sudah selesai. Waktunya menatap semester 8 (full Tugas Akhir).

Semester 8 (Februari 2015)
Pada akhirnya saya bisa lulus dengan proyek Tugas Akhir (TA) yang hanya memakan biaya kurang dari 500rb. Padahal teman lain bisa sampai menghabiskan dana hingga 3-5 juta. Dan saya pun mengakui bahwa apa yang saya capai itu tidak lepas dari perencanaan awal yang saya lakukan (plus banyak sekali keberuntungan). Perencanaan tersebut terjadi pada masa liburan semester hingga pertengahan bulan Februari 2015.

Menulis akan menjadi salah satu menu utama di semester ini

Minggu ke-4 Januari 2015 atau minggu kedua liburan, pada awalnya saya masih berencana akan membuat proyek buku ilustrasi untuk Tugas Akhir saya nanti. Setelah melakukan 'analisis' judul dan proyek TA yang telah ada sebelumnya, akhirnya saya justru memilih proyek perancangan huruf (typeface) untuk TA saya besok. Tujuan utama pada waktu itu hanyalah supaya proposal TA-ku bisa langsung lolos seleksi. Dan pada hari Rabu (28/1/2015) saya tertarik untuk mengangkat perancangan typeface terinspirasi dari karya musik (dari album Lost Forever // Lost Together karya band Architects).

Kenapa karya musik? Karena masih jarang banget karya musik diangkat sebagai ide perancangan typeface. Di internet (khususnya di Indonesia) hanya ada satu perancangan sejenis tetapi dengan inspirasi musik post-rock. Akan sangat menarik jika musik yang saya angkat nanti bergenre Metalcore (yang sejauh ini mengalami perkembangan yang unik). Dan salah satu musik Metalcore yang paling memenuhi syarat adalah album Lost Forever // Lost Together karya band Architects.

Kenapa memilih album tersebut? Secara umum band Architects tidak memiliki sebuah 'signature font' berupa wordmark sekalipun. Ditambah prestasi band dan album yang berhasil meraih beragam penghargaan membuat saya yakin untuk mengangkat karya musik tersebut. Data pendukung untuk penyusunan proposal pun mudah ditemukan jadi saya pikir ini akan menjadi proposal atau proyek yang menarik! (poin terakhir adalah salah satu keberuntungan yang sangat saya nikmati di kemudian hari, dan belum saya sadari pas penyusunan proposal!)

Alhamdulillah, pada 23 Februari 2015 proposal saya langsung lolos seleksi!


**********

Strategi : Magang tepat waktu (sebelum semester 8 pokoknya) adalah cara supaya kita bisa TA tepat waktu juga (di semester 8). Banyak temen yang memilih untuk kuliah saja (di semester 7) tanpa mengambil Kerja Profesi (dimanfaatkan juga untuk mengulang atau perbaikan nilai mata kuliah yang lalu). Baru kemudian di semester 8 mereka cuti dan melakukan magang. Dengan cara seperti itu paling cepat kamu akan lulus 4,5 semester.

Lanjut ke bagian kedua